FUNGSI DAN MACAM-MACAM GRAFIK PADA Ms. EXCEL

FUNGSI DAN MACAM-MACAM GRAFIK PADA Ms. EXCEL

Grafik adalah lukisan dengan gambar/garis untuk mengetahui naik turunnya suatu keadaan data yang ada. semua grafik memiliki tujuan yang sama yaitu memudahkan melakukan analisa sekumpulan data-data angka. Sebab jika hanya angka-angka saja akan membutuhkan waktu lama untuk memahami makna dibalik angka-angka tersebut, tapi jika di wakili dengan simbol grafik maka bisa di percepat pemahamannya.

 

Macam-macam grafik :

  1. Column Charts.
    Grafik Kolom digunakan untuk menunjukkan perubahan data dalam periode waktu tertentu atau menggambarkan perbandingan antar beberapa item. Jenis grafik itu sering juga disebut diagram batang.
  1. Line Charts.
    Grafik garis dapat menunjukkan data secara terus menerus atau berkelanjutan selama periode waktu tertentu. Grafik ini sangat ideal untuk menampilkan tren data pada interval/rentang waktu yang sama.
  1. Pie Charts.
    Grafik lingkaran menunjukkan ukuran dari suatu item dalam suatu rangkaian data, secara proporsional terhadap jumlah dari keseluruhan item. Poin atau nilai dari item-item tersebut ditunjukkan dalam bentuk presentase dari keseluruhan data (dalam bentuk satu lingkaran). Biasa digunakan dalam menampilkan data persentase jumlah penduduk berdasarkan tingkat pendidikannya dan lain sebagainya
  1. Bar Charts  grafik baris mirip dengan grafik kolom.
    Grafik batang menggambarkan perbandingan antar beberapa item dan merupakan penyajian data alternatif dari grafik kolom. Dengan menggunakan jenis ini kita dapat menyajikan data yang maknanya sama dengan grafik kolom yaitu dengan menukar letak variabel dari sumbu x menjadi sumbu y dan sebaliknya.
  2. Area Charts
    Grafik bidang menekankan besarnya perubahan dari waktu ke waktu. Grafik ini dapat digunakan untuk menggambar grafik hubungan kecepatan dan waktu pada gerak lurus, area yang terbentuk merupakan besar perpindahan.
  3. XY Scatter
    XY scatter umum digunakan untuk menggambar grafik. Grafik ini menunjukkan hubungan antara nilai-nilai variabel sumbu x dengan nilai-nilai variabel sumbu y. Grafik ini dapat kita gunakan untuk menggambar grafik linear misalnya grafik tegangan versus kuat arus dan lain sebagainya.
  4. Stock Charts
    Grafik stok banyak digunakan untuk menggambarkan fluktuasi harga stok. Namun grafik ini juga dapat digunakan untuk data ilmiah. Sebagai contoh, kita dapat menggunakannya untuk menunjukkan fluktuasi suhu harian di suatu daerah.
  5. Radar
    Grafik radar membandingkan nilai keseluruhan dari sejumlah rangkaian data.
  6. Combo
    Combo merupakan grafik kombinasi dari beberapa jenis grafik sekaligus misalnya mengkombinasikan grafik kolom dengan grafik garis dan lain sebagainya.

Leave a comment